Sabtu, 10 Maret 2012

Custom Bokeh Test





Bokeh berasal dari bahasa jepang yang artinya sama dengan blur. Bokeh biasanya ditentukan oleh panjangnya focallength atau bukaan pada lensa yang digunakan, makin besar diagfragma makin besar bokeh yang didapat. lensa favorit saya untuk bokeh biasanya fix 50mm f1.8 dan 80mm f1.8, tapi ada satu lagi yaitu custom bokeh, mau tau triknya?? silahkan disimak..

Seperti yang saya tulis sebelumnya bokeh asal kata dari bahasa jepang yang berarti blur, dalam fotografi kondisi seperti ini biasa di jelaskan sebagai kualitas gambar pada area foto yang tidak fokus.

ketika mengacu pada bokeh kita akan dapat membedakan beberapa karaketeristik :

- Apakah terang / gelap halus atau tajam?

- Atau mengambil objek tertentu dari titik cahaya? (misal cahaya2 kecil yang ada didaerah yang tidak focus membuat foto menjadi menarik)

oleh itu kita dapat memainkan 2 variant diatas untuk mengambil gambar-gambr bokeh custom.

oke langsung aja ya, yang kamu butuhkan adalah :





1. Lensa ukuran 50mm f/1.8 atau nikon f/1.4 untuk hasil bokeh yang lebih okeh..

ga juga sih pake kit juga bisa, setau saya di FL 80mm adalah bokeh yang oke, coba aja kalo siang, ga harus lampu ko, misal latar daun2 di pohon, beda deh gan bokehnya coba deh  , note dari saya perhatikan jarak model dengan background ya.

2. Beli karton hitam : potong dan buat lubang di tengahnya seperti gambar dibawah

jangan lupa ukur diameter karton agar sama dengan lensa agar pas.

cara buat bokeh custom

2. Seperti contoh diatas pada tengah diameter terlihat bentuk bokeh yang nanti akan muncul pada gambar, saya tidak tau pasti standar rata-rata ukuran lubang, tapi kamu bisa cek dengan cara melihat langsung lewat viewfinder. di lensa 50mm @ f1.8 lubang bisa dibuat sebesar 15mm atau kamu bisa buat agak lebih besar dikit, bisa menggunakan gunting atau tangan

3. Set kamera kamu di bukaan paling besar (f/1.8 atau f/1.4)

nah jangan terjebak dengan pakem, kalo yang ini bisa diakalin coba set ISO dengan 800 , contoh di video ga pake lensa fix ko, 18-105mm kalo ga salah.

siahkan dicoba ya.... kamu juga bisa mengguakan lubang dengan bentuk lain..

cara buat bokeh custom



nah selanjutnya foto2 dibawah ini adalah contoh2 foto custom bokeh, oke sekian tips DIY dari saya... murah hasilnya tapi ga murahan ^_^





selamat mencoba..

0 komentar: